Saturday, October 27, 2012

CARA KB KALENDER (KB ALAMI)

By Richy Lerian   Posted at  10/27/2012 11:47:00 PM   kesehatan 1 comment


Menghitung masa subur dengan siklus haid dan melakukan pantang berkala atau lebih dikenal dengan sistem kalender merupakan salah satu cara atau metode kontrasepsi alami (Kb alami) dan sederhana yang dapat dikerjakan sendiri oleh pasangan suami istri dengan cara tidak melakukan sanggama pada masa subur.

menghitung masa subur

Metode ini efektif bila dilakukan secara baik dan benar. Dengan penggunaan sistem kalender, maka setiap pasangan dimungkinkan dapat merencanakan setiap kehamilannya. Sebelum menggunakan metode ini, tentunya pasangan suami istri harus mengetahui masa subur.

Siklus masa subur pada tiap wanita tidak sama. Untuk itu perlu pengamatan minimal 6 kali siklus menstruasi. Berikut ini cara mengetahui dan menghitung masa subur :

Asumsi bila siklus haid teratur (28 hari) :
Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1
Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid

Contoh :
Seorang isteri mendapat haid mulai tanggal 9 Januari. Tanggal 9 Januari ini dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 20 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 24 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 20 Januari hingga tanggal 24 Januari. Pada tanggal-tanggal tersebut suami isteri tidak boleh bersanggama. Jika ingin bersanggama harus memakai kondom atau sanggama terputus (senggama dimana tidak mengeluarkan sperma didalam).

Bila siklus haid tidak teratur :
Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.
Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh :

Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya)

Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid. Pada masa ini suami isteri tidak boleh bersanggama. Jila ingin bersanggama harus memakai kondom atau sanggama terputus.

Kontrasepsi dengan menggunakan sistem kalender dapat menghindari risiko kesehatan yang berhubungan dengan kontrasepsi. Bagi keluarga yang kesulitan untuk mendapatkan alat kontrasepsi sangat cocok untuk menggunakan metode kontrasepsi ini selain tidak memerlukan biaya juga tidak perlu mencari tempat pelayanan kontrasepsi.

Menggunakan sistem kalender perlu kerjasama yang baik antara suami istri karena metode ini perlu kemauan dan disiplin pasangan dalam menjalankannya. Masa berpantang yang cukup lama akan mengakibatkan pasangan tidak bisa menanti sehingga melakukan hubungan pada waktu masih berpantang. Tapi bukan masalah bila saja pasangan membiasakan menggunakan kondom pada saat subur.

monggo di catet apa di hafalkan buat ibu ibu yang ingin cepet hamil...
buat adik adik yang belum menikah jangan dipraktekan ya.. nanti ndak tekdung.



Salah satu KB alami yang dapat kita lakukan adalah dengan metode kalender.Dengan metode ini kita dapat mengetahui kapan masa subur seorang wanita sehingga disarankan bagi suami istri yang ingin menunda kehamilannya pada masa subur tidak melakukan hubungan intim.
Kegunaan metode ini terutama bagi pasangan suami istri yang baru menikah namun belum ingin mempunyai anak dan khawatir penggunaan KB buatan dapat berpengaruh pada rahim disarankan menggunakan metode ini.Namun metode ini mempunyai tingkat resiko yang cukup tinggi.
Cara menghitung berdasarkan metode kalender:

1. Catatlah panjang dan pendeknya siklus haid selama 1 tahun terus menerus minimal 6 bulan

2. Tentukan siklus hari terpanjang dan siklus terpendek

3. Masukkan dalam rumus: siklus terpendek - 18 hari

siklus terpanjang - 11 hari
contoh penghitungan:
seorang wanita memiliki siklus haid sbb:
Januari : 14 jadi siklus haidnya (31-14)+11=28 hari
Febuari : 12 jadi siklus haidnya (28-12)+9 =25 hari
Maret : 10 jadi siklus haidnya (31-10)+7 =28 hari
April : 8 jadi silkus haidnya (30-8)+ 5 =27 hari
Mei : 6 jadi siklus haidnya (31-6)+4=29 hari
Juni : 5
bila dia mendapat haid tanggal 7 juli maka masa suburnya adalah:
25 hari-18=7+7-1=13 Juni
29 hari-11=18+7-1=24 Juni
jadi masa subur wanita ini berada pada tanggal 13 Juni sampai dengan 24 juni dan disarankan tidak berhubungan intim.
Makin bervariasi siklus haid wanita maka makin panjang hari pantangnya.
Namun bila siklus haid wanita tidak teratur misalkan baru mndapat haid 2 atau 3 bulan sekali maka metode kalender ini tidak dapat digunakan dan disarankan menggunakan KB buatan.

Lryan Rc

Im Not Perfact But Im Limited Edition.
View all posts by: Lryan Rc

1 comments:

Anonymous said...

Alsо І bеlievе that mesotheliοma сanceг is a rare fоrm of most
cancers that is usuаlly fοund in people previously fаmiliar wіth asbestoѕ.

Cancerouѕ tіssues form while іn the mesothelium, whiсh
is a protective lining ωhich сοveгs most of the bοdу's areas. These cells commonly form while in the lining with the lungs, mid-section, or the sac that really encircles one's heart.

Thanks for ехpressing your ideaѕ.

Here is my weblog: Quibids Review

Back to top ↑
Gabung dengan Kami

Followers

Total Pageviews

© 2013 Lryan Rc. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9 Published..Blogger Templates
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.