Tuesday, January 22, 2013

Hadits Tentang Puasa 10 dan 11 Muharram

By lryan Rc   Posted at  1/22/2013 01:00:00 AM   Ilmu Agama No comments

Berikut ini hadits dla'if tentang puasa tanggal 10 dan 11 muharram :

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Puasalah kalian pada hari ‘Asyura’ dan selisihilah kaum Yahudi. Puasalah sehari sebelum atau sehari sesudahnya”. [HR. Ahmad juz 1, hal. 518, no. 2154]

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasalah kalian pada hari ‘Asyura dan selisihilah kaum Yahudi, puasalah sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya”. [HR. Ibnu Khuzaimah juz 3, hal. 290, no. 2095]
Keterangan :
Hadits riwayat Ahmad dan Ibnu Khuzaimah di atas dla’if, karena dalamsanadnya ada perawi bernama Ibnu Abi Laila, ia jelek hafalannya. Ibnu Abi Laila, namanya adalah Muhammad bin’Abdur Rahman, bin Abi Laila Al-Anshariy. Yahya bin Sa’id mendla’ifkannya. Ahmad bin Hanbal berkata, “Ia buruk hafalannya, mudltharibul hadiits. Ibnu Hibban berkata, “Ia buruk, banyak kelirunya dan buruk hafalannya, banyak meriwayatkan hadits-hadits munkar. [Lihat Tahdzibut Tahdzib juz 9, hal. 268, no. 503]


Diantara kaum muslimin ada yang menganggap bahwa hari ‘Asyura’ mempunyai keutamaan-keutamaan yang luar biasa, diantaranya sbb :


Dari Abu Hurairah, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah mewajibkan kepada Bani Israil puasa sehari dalam satu tahun, yaitu pada hari ‘Asyura’, yaitu hari yang ke sepuluh di bulan Muharram, maka berpuasalah kalian (ummat Islam).
Pada hari itu dan berilah kelonggaran nafqah untuk keluarga pada hari itu, karena barangsiapa memberikan kelonggaran nafqah pada keluarganya dari hartanya pada hari ‘Asyura’, Allah akan meluaskan rezqinya pada tahun itu. Maka berpuasalah kalian pada hari itu, karena pada hari itu Allah telah menerima taubatnya Nabi Adam.
Pada hari itu Allah mengangkat Nabi Idris ke tempat yang tertinggi.
Pada hari itu Allah menyelamatkan Nabi Ibrahim dari api.
Pada hari itu Allah Allah mengeluarkan Nabi Nuh dari kapal,
Pada hari itu Allah menurunkan Taurat kepada Nabi Musa.
Pada hari itu Allah menebusi (mengganti) Nabi Isma’il dari sembelihan.
Pada hari itu Allah mengeluarkan Nabi Yusuf dari penjara.
Pada hari itu Allah mengembalikan penglihatan Nabi Ya’qub.
Pada hari itu Allah menghilangkan bala’ (penderitaan) Nabi Ayyub.
Pada hari itu Allah mengeluarkan Nabi Yunus dari perut ikan.
Pada hari itu Allah membelah laut untuk Bani Israil.
Pada hari itu Allah mengampuni dosa Nabi Muhammad, yang terdahulu maupun yang akan datang. Pada hari itu Nabi Musa menyeberang laut (Merah).
Pada hari itu Allah Ta’aalaa menurunkan taubat kepada kaumnya Nabi Yunus.
Maka barangsiapa puasa pada hari itu, akan menjadi kaffarah (penebus dosa) selama empat puluh tahun.
Pertamanya hari Allah menciptakan dunia ini adalah hari ‘Asyura’.
Pertamanya turun hujan dari langit adalah hari ‘Asyura’.
Pertamanya rahmat turun adalah hari ‘Asyura’.
Maka barangsiapa puasa ‘Asyura’, seolah-olah ia puasa satu tahun penuh. Dan itu adalah puasanya para Nabi.
Barangsiapa yang menghidupkan malam ‘Asyura’, seolah-olah ia beribadah kepada Allah Ta’ala seperti ibadahnya penghuni langit yang tujuh.
Barangsiapa yang shalat empat rekaat, dan setiap rekaat membaca Al-Fatihah satu kali, dan membaca Qulhuwalloohu ahad lima puluh kali, maka Allah mengampuni dosanya lima puluh tahun yang lalu dan lima puluh tahun yang akan datang, dan Allah akan membangunkan untuknya satu juta mimbar dan cahaya di tempat yang tertinggi.
Barangsiapa memberi minum seteguk air, maka seolah-olah ia tidak pernah berma’shiyat kepada Allah, walaupun sekejap mata. Barangsiapa memberi makan sampai kenyang pada keluarga orang-orang yang miskin pada hari ‘Asyura’, maka ia tidak pernah sakit melainkan sakit ketika akan mati.
Barangsiapa yang memakai celak pada hari ‘Asyura’ maka pada tahun itu pandangan kedua matanya tidak akan kabur.
Barangsiapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim, maka seolah-olah ia berbuat baik kepada semua anak yatim anak Adam.
Barangsiapa berpuasa pada hari ‘Asyura’ maka Allah akan memberi pahala sepuluh ribu malaikat.
Barangsiapa berpuasa pada hari ‘Asyura’ maka Allah akan memberi pahala seribu hajji dan ‘umrah.
Barangsiapa puasa pada hari ‘Asyura’, maka Allah akan memberi pahala seribu orang yang mati syahid.
Barangsiapa berpuasa pada hari ‘Asyura’, maka dicatat untuknya pahala (sebesar) tujuh langit.
Pada hari itu Allah menciptakan langit, bumi, gunung dan laut. Allah menciptakan ‘Arsy pada hari ‘Asyura’, menciptakan qalam (pena) pada hari ‘Asyura’, menciptakan Al-Lauhul Mahfudh pada hari ‘Asyura’, menciptakan malaikat Jibril pada hari ‘Asyura’, mengangkat Nabi ‘Isa pada hari ‘Asyura’, memberikan kerajaan kepada Nabi Sulaiman pada hari ‘Asyura’. Hari qiyamat akan terjadi pada hari ‘Asyura’.
Dan barangsiapa menjenguk orang sakit pada hari ‘Asyura’, maka seolah-olah ia menjenguk orang-orang yang sakit dari anak Adam semuanya.
[Diambil dari kitab “Al-Maudluu’aat susunan Al-Imam Abul Faraj ‘Abdur Rahman bin ‘Aliy bin Al- Jauziy, Al-Qurasyi juz 2, hal. 200, hadits ini palsu]


Doa Awal tahun, akhir tahun dan 10 muharram


Diantara kaum muslimin ada yang mengamalkan do’a akhir tahun, awwal tahun dan 10 Muharram, namun do’a tersebut bukan dari Nabi SAW. Adapun do’a tersebut sebagai berikut :


Doa awwal tahun

Shalawat dan salam Allah semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para shahabatnya. Ya Allah, Engkau adalah Tuhan yang Kekal, yang Dahulu, dan yang Awwal. Atas karunia-Mu yang agung dan kemurahan-Mu yang tercurah, kini tahun baru telah datang, kami memohon kepada-Mu penjagaan dari syaithan, teman-temannya dan tentara-tentaranya, dan kami memohon pertolongan atas hawa nafsu yangmengajak kepada kejahatan, dan kami memohon disibukkan kepada amal perbuatan yang mendekatkanku kepada-Mu sedekat-dekatnya, wahai Tuhan yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan. Shalawat dan salam Allah semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para shahabatnya. (3X)


Doa akhir tahun
Shalawat dan salam Allah semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para shahabatnya. Ya Allah, apapun yang telah aku perbuat pada tahun ini dari perbuatan yang Engkau telah melarangnya padahal aku belum bertaubat dan Engkau tidak ridla dan tidak melupakannya, dan Engkau telah sayang kepadaku padahal Engkau kuasa untuk menghukumku, dan Engkau mengajakku untuk bertaubat setelah kelancanganku berbuat ma’shiyat kepada-Mu, oleh karena itu aku mohon ampun kepada-Mu, maka ampunilah aku dengan karunia-Mu. Adapun perbuatan yang telah kuperbuat di tahun ini dari perbuatan yang Engkau meridlainya dan Engkau telah menjanjikan pahala kepadaku, aku memohon kepada-Mu ya Allah, yang Maha Pemurah, yang Maha Perkasa dan Maha Mulia, sudilah agar Engkau menerimanya dariku, dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu, wahai Tuhan yang Maha Pemurah. Shalawat dan salam Allah semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para shahabatnya. (3X).


Doa hari ‘Asyura’ (10 Muharram).
Cukuplah Allah menjadi penolong kami, dan adalah Allah sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik Penanggung dan sebaik-baik Penolong. Maha Suci Allah sepenuh timbangan dan sepenuh ilmu, sepenuh ridla dan timbangan ‘Arsy, tidak ada tempat berlari dan tidak ada tempat berlindung dari Allah kecuali kepada-Nya, Maha Suci Allah sebanyak hitungan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat-kalimat Allah yang sempurna semuanya. Kami mohon kepada-Mu keselamatan dengan rahmat-Mu, wahai Tuhan yang Maha Penyayang diantara para penyayang, dan tidak ada daya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan cukuplah Dia Allah menjadi penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik Penanggung dan sebaik-baik Penolong. Shalawat dan salam Allah semoga tetap terlimpahkan kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para shahabatnya.

Lryan Rc

Im Not Perfact But Im Limited Edition.
View all posts by: Lryan Rc

0 comments:

Back to top ↑
Gabung dengan Kami

Followers

Total Pageviews

© 2013 Lryan Rc. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9 Published..Blogger Templates
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.